عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: كَانَ لِرَسُوْلِ اللهِ ص صَدِيْقٌ مِنْ
ثَقِيْفٍ وَ دَوْسٍ فَلَقِيَهُ يَوْمَ اْلفَتْحِ بِرَاحِلَةٍ اَوْ رَاوِيَةٍ مِنْ
خَمْرٍ يُهْدِيْهَا اِلَيْهِ فَقَالَ: يَا فُلاَنُ اَمَا عَلِمْتَ اَنَّ اللهَ
حَرَّمَهَا؟ فَاَقْبَلَ الرَّجُلُ عَلَى غُلاَمِهِ فَقَالَ: اِذْهَبْ فَبِعْهَا.
فَقَالَ رَسُوْلُ
اللهِ ص اِنَّ الَّذِيْ حَرَّمَ شُرْبَهَا حَرَّمَ بَيْعَهَا،
فَاَمَرَ بِهَا فَاُفْرِغَتْ فِى اْلبَطْحَاءِ. احمد و مسلم و النسائى
Dari
Ibnu 'Abbas ia berkata : Rasulullah SAW pernah
mempunyai seorang kawan dari Tsaqif dan Daus, lalu ia menemui beliau pada hari
penaklukan kota
Makkah dengan membawa satu angkatan atau seguci khamr untuk dihadiahkan kepada
beliau, lalu Nabi SAW bersabda, "Ya Fulan, apakah engkau tidak tahu bahwa Allah
telah mengharamkannya ?". Lalu orang tersebut memandang pelayannya sambil
berkata, "Pergi dan juallah khamr itu". Lalu Rasulullah SAW pun bersabda,
"Sesungguhnya minuman yang telah diharamkan meminumnya, juga diharamkan
menjualnya". Lalu Rasulullah SAW menyuruh (agar ia membuang)nya, lalu khamr itu pun dibuang dibathha'.
[HR. Ahmad, Muslim dan Nasai]
و فى رواية لاحمد اَنَّ رَجُلاً خَرَجَ وَ اْلخَمْرُ حَلاَلٌ فَاَهْدَى لِرَسُوْلِ اللهِ
ص رَاوِيَةَ خَمْرٍ. وَ ذَكَرَ نَحْوَهُ.
Dan
dalam satu riwayat bagi Ahmad, dinyatakan bahwa ada seorang laki-laki keluar,
sedang khamr pada saat itu masih dihalalkan, lalu ia
menghadiahkan kepada Rasulullah SAW seguci khamr.
(Selanjutnya ia menuturkan seperti hadits tersebut
diatas).
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض اَنَّ رَجُلاً كَانَ يُهْدِى لِلنَّبِيِّ ص
رَاوِيَةَ خَمْرٍ، فَاَهْدَاهَا اِلَيْهِ عَامًا وَ قَدْ حُرِّمَتْ، فَقَالَ
النَّبِيُّ ص: اِنَّهَا قَدْ حُرِّمَتْ. فَقَالَ الرَّجُلُ: اَفَلاَ اَبِيْعُهَا؟
فَقَالَ: اِنَّ الَّذِى حَرَّمَ شُرْبَهَا حَرَّمَ بَيْعَهَا. قَالَ:اَفَلاَ
اُكَارِمُ بِهَا اْليَهُوْدَ؟ قَالَ: اِنَّ الَّذِى حَرَّمَهَا حَرَّمَ اَنْ
يُكَارَمَ بِهَا اْليَهُوْدُ. قَالَ: فَكَيْفَ اَصْنَعُ بِهَا؟ قَالَ: شِنَّهَا
عَلَى اْلبَطْحَاءِ. الحميدى فى مسنده فى نيل الاوطار 8: 191
Dari
Abu Hurairah RA, bahwa pernah ada seorang laki-laki menghadiahkan kepada
Rasulullah SAW seguci khamr, ia menghadiahkannya kepada
beliau pada tahun diharamkannya khamr, lalu Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya
khamr telah diharamkan". Lalu orang itu bertanya, "Apa tidak boleh aku menjualnya ?". Jawab Nabi SAW, "Sesungguhnya minuman yang
diharamkan meminumnya, juga diharamkan menjualnya". Orang itu bertanya (lagi),
"Apakah tidak boleh aku pergunakan untuk mengungguli kedermawanan orang Yahudi ?". Nabi SAW menjawab, "Sesungguhnya
sesuatu yang diharamkan, maka haram (pula) untuk dipergunakan mengungguli
kedermawanan orang Yahudi". Orang itu bertanya (lagi), "Lalu harus aku
gunakan untuk apa ?". Nabi SAW
bersabda, "Tuangkan saja di Bathha' ".
[HR. Al-Humaidi di dalam musnadnya - dalam Nailul Authar juz 8, hal
191]
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: لَعَنَ رَسُوْلُ اللهِ ص فِى اْلخَمْرِ عَشْرَةً:
عَاصِرَهَا وَ مُعْتَصِرَهَا وَ شَارِبَهَا وَ حَامِلَهَا وَ اْلمَحْمُوْلَةَ
اِلَيْهِ وَ سَاقِيَهَا وَ بَائِعَهَا وَ آكِلَ ثَمَنِهَا وَ اْلمُشْتَرِيَ لَهَا
وَ اْلمُشْتَرَاةَ لَهُ. الترمذى و ابن ماجه فى نيل الاوطار 5: 174
Dari
Anas ia berkata, "Rasulullah SAW melaknat tentang khamr sepuluh golongan : 1. yang memerasnya, 2. pemiliknya (produsennya),
3. yang meminumnya, 4. yang
membawanya (pengedar), 5. yang minta diantarinya, 6.
yang menuangkannya, 7. yang
menjualnya, 8. yang makan harganya, 9. yang membelinya, 10. yang minta
dibelikannya".
[HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah - dalam Nailul Authar juz 5 hal.
174]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: لُعِنَتِ اْلخَمْرَةُ عَلَى عَشْرَةِ
وُجُوْهٍ: لُعِنَتِ اْلخَمْرَةُ بِعَيْنِهَا وَ شَارِبِهَا وَ سَاقِيَهَا وَ
بَائِعِهَا وَ مُبْتَاعِهَا وَ عَاصِرِهَا وَ مُعْتَصِرِهَا وَ حَامِلِهَا وَ
اْلمَحْمُوْلَةِ اِلَيْهِ وَ آكِلِ ثَمَنِهَا. احمد و ابن ماجه فى نيل الاوطار 5: 174
Dari
Ibnu 'Umar ia berkata, "Telah dilaknat khamr atas sepuluh hal
: 1. khamr itu sendiri, 2. peminumnya, 3. yang menuangkannya, 4.
penjualnya, 5. pembelinya, 6. yang memerasnya, 7. pemilik (produsennya), 8.
yang membawanya, 9. yang minta
diantarinya, 10. yang memakan harganya".
[HR. Ahmad dan Ibnu Majah - dalam Nailul Authar juz 5 hal.
174]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar